PERBEDAAN KACA MOBIL GENUINE PART DAN OEM

PERBEDAAN KACA MOBIL GENUINE PART DAN OEM (Original Equipment Manufacturer)

Banyak dari beberapa konsumen yang datang ke gerai kami, belum mengetahui secara betul mengenai perbedaan kaca mobil ORIGINAL (GENUINE PARTS) dengan kaca mobil OEM (Original Equipment Manufacturer). Diharapkan dengan adanya artikel ini, Sobat Master tidak kebingungan memilih kaca mobil sesuai dengan preferensi yang dibutuhkan. Mari disimak…

KACA MOBIL ORIGINAL (GENUINE PARTS)

    Kaca mobil original berarti kaca tersebut diproduksi oleh suatu pabrikan kaca yang disertai dengan logo merk kendaraan tersebut. Kaca jenis ini biasanya dijual oleh dealer resmi atau toko spare part yang sudah memiliki kerjasama khusus dengan ATPM mobil. Selain terdapat logo merk kendaraan pada sudut kiri / kanan bawah kaca, tercantum pula logo pabrik kaca yang memproduksinya. Hal itu disebakan karena merk otomotif tersebut tidak memproduksi sendiri kaca mobil yang akan digunakan sehingga membutuhkan beberapa vendor (dalam hal ini pabrikan kaca) untuk menyupply kebutuhan kaca mobil.

    Terdapat PENGECUALIAN pada kaca mobil suatu merk otomotif dengan market share yang besar, biasanya mereka tidak mencantumkan logo merk kendaraan tersebut pada marking kaca. Kaca dengan kategori tersebut tetap masuk ke dalam kategori kaca original. Contohnya : Mobil berjenis LCGC, Low MPV, Low SUV, Kendaraan Niaga, dan sebagainya. 

POIN PENTING MENGENAI KACA MOBIL ORIGINAL (GENUINE PARTS)
KUALITASPRESISI
KEAMANANBAIK
HARGARELATIF MAHAL
FITURLENGKAP
KENYAMANANBAIK

CONTOH LOGO PADA MARKING KACA MOBIL ORIGINAL (GENUINE PARTS)

PENGECUALIAN

KACA MOBIL OEM (ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTURER) / AFTERMARKET

    Kaca mobil OEM / Aftermarket merupakan kaca mobil yang diproduksi oleh suatu pabrikan kaca dengan merk dagangnya sendiri tanpa mencantumkan logo merk kendaraan tersebut. Atas dasar itulah, kaca mobil dengan status OEM memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga originalnya karena tidak terikat oleh aturan HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual) pada suatu merk otomotif. Yang perlu digarisbawahi adalah Iini produksi yang digunakan untuk memproduksi kaca mobil OEM sama dengan lini produksi yang digunakan untuk memproduksi kaca mobil original sehingga dari segj kualitas pastinya sama. Yang membedakan hanyalah logo yang terdapat pada marking kaca di bagian sudut kiri / kanan bawah kaca mobil, hanya tertera logo produsen kaca mobil tersebut tanpa logo dari merk otomotifnya. 

POIN PENTING MENGENAI KACA MOBIL OEM / AFTERMARKET
KUALITASPRESISI
KEAMANANBAIK
HARGARELATIF LEBIH MURAH DARI ORIGINAL
FITURLENGKAP
KENYAMANANBAIK

CONTOH LOGO PADA MARKING KACA MOBIL OEM / AFTERMARKET

    Dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas, keamanan, fitur, dan kenyamanan antara kaca mobil original dengan OEM dijamin sama. Yang membedakan hanyalah dari segi marking kaca dan harga yang disandangnya. Dari kedua status kaca mobil tersebut, Sobat Master bisa menyesuaikan pembelian kaca mobil berdasarkan besaran budget. Jika Sobat memiliki budget yang besar, Sobat bisa memilih kaca original. Jika Sobat ingin mengganti kaca mobil dengan menghemat budget akan tetapi tetap memperoleh value yang baik, pilihlah kaca berstatus OEM.

    Usahakan untuk tidak memilih kaca dengan status KW karena dari aspek kualitas, keamanan, fitur, dan kenyamanan yang disandangya kurang memadai jika dibandingkan dengan kaca berstatus original dan OEM. Kaca jenis ini biasanya dipakai untuk mobil yang spare partnya sangat susah ditemukan karena terbentur oleh faktor usia kendaraan yang sudah berumur dan tidak tersedia produk original maupun aftermarketnya, contoh : mobil yang keluar pada tahun 1970-1990an serta mobil-mobil karoseri. 

POIN PENTING MENGENAI KACA MOBIL BERSTATUS KW / TIRUAN
KUALITASPRESISI ANTARA 70-80%
KEAMANANKURANG AMAN UNTUK KACA DEPAN KARENA BERJENIS TEMPERED
HARGAJAUH LEBIH MURAH DIBANDINGKAN KACA ORIGINAL DAN OEM
FITURHOLDER, RUBBER LIST, SENSOR HUJAN, DSB NYA TIDAK ADA (KURANG LENGKAP). SERING DITEMUKAN BAGIAN CAT CERAMIC YANG BERCECERAN PADA BAGIAN PINGGIR KACA
KENYAMANANVISIBILITAS PANDANGAN KETIKA MALAM DAN HUJAN AGAK KURANG KARENA WARNA KACA DEPAN BENING 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Gulir ke Atas